MEREKA BILANG DZIKIR BERJAMAAH SESAT ATAUKAH SEBALIKNYA MEREKALAH YANG TERSESAT OLEH PAHAM MEREKA...!
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ
وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلاَ تــَـعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ
“Dan bersabarlah kamu
bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari
dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka
(karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu
mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta
menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” [QS.
Al-Kahfi: 28]
Tafsir Ibnu Katsir
menjelaskan sbb:
وقوله "واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي يريدون
وجهه" أي اجلس مع الذين يذكرون الله ويهللونه ويحمدونه ويسبحونه ويكبرونه
ويسألونه بكرة وعشيًا من عباد الله سواء كانوا فقراء أو أغنياء أو أقوياء أو ضعفاء
يقال إنها نزلت في أشراف قريش حين طلبوا من النبي صلى الله عليه وسلم أن يجلس معهم
وحده ولا يجالسهم بضعفاء أصحابه كبلال وعمار وصهيب وخباب وابن مسعود وليفرد أولئك
بمجلس على حدة فنهاه الله عن ذلك
Firman Alloh: “Dan
bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi
dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya” yakni duduk bersama org yg
berdzikir, bertahlil, bertahmid bertasbih, bertakbir dan bermohon kpd Alloh di
waktu pagi dan sore dari hamba Alloh baik yg fakir atau kaya, yg kuat atau yg
lemah. Dikatakan
sesungguhnya ayat ini turun berkenaan dgn pembesar2 Quraisy yg
menghendaki agar Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam duduk bersama mereka saja
dan tdk duduk bersama mereka org2 yg lemah dari para sahabat seperti Bilal bin
Rabah, Ammar bin Yasir, Suhaib, Khabbab dan Ibnu Mas’ud. Dan agar supaya mereka
dibuatkan majlis khusus [tdk bercampur dgn mereka pembesar Quraisy-pent], maka
Alloh melarang perbuatan itu.
وأخرج ابن جرير والطبراني وابن مردويه، عن عبد الرحمن بن سهل بن حنيف
قال: نزلت على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو في بعض أبياته {واصبر نفسك مع
الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي} فخرج يلتمسهم فوجد قوما يذكرون الله، فيهم
ثائر الرأس وجاف الجلد وذو الثوب الواحد، فلما رآهم جلس معهم وقال:
"الحمد لله الذي جعل في أمتي من أمري أن أصبر نفسي معهم".
وأخرج البزار عن بي هريرة وأبي سعيد قالا: جاء رسول الله صلى الله عليه
وسلم رجل يقرأ سورة الحجر وسورة الكهف، فسكت فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
"هذا المجلس الذي أمرت أن أصبر نفسي معهم".
Dari ‘Abd al-Rahman bin Sahl
bin Hanif, ia berkata: Pada suatu saat, ketika Rasulullah Shollallohu ‘alaihi
wa sallam berada di salah satu rumahnya, turunlah ayat kepada beliau, yang
ertinya: “Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Tuhannya pada
pagi dan senja hari dengan mengharap keredhaan-Nya.” (Surah al-Kahfi: 28), Maka
setelah menerima wahyu itu, Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam keluar
untuk mencari orang-orang yang dimaksudkan dalam ayat tersebut. Kemudian beliau
menjumpai sekelompok orang yang sedang sibuk berzikir. Di anatara mereka ada
yang rambutnya tidak teratur dan kulitnya kering, dan ada yang hanya memakai
sehelai kain. Ketika Rasulullah s.a.w. melihat mereka, beliau pun duduk bersama
mereka dan bersabda, yang artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah
menciptakan di antara umatku orang-orang yang mernyebabkan aku diperintahkan
duduk bersama mereka.” (HR. Thabrani, Ibn Jarir dan Ibn Mardawaih)
Dari Abu Hurairah ra. dan
Abi Sa’id ra. berkata, Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam datang disaat
seorang laki-laki membaca surat
Al-Hijr dan Al-Kahfi. Maka Rosululloh terdiam lalu bersabda, “Inilah majelis yg
aku diperintahkan agar bersabar berkumpul bersama mereka [majelis
dzikir-pent].” [HR. Al-Bazzar]
- (2675) حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ -
وَاللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ - قَالَا: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ
أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: «أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي
بِي، وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِي، إِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ، ذَكَرْتُهُ
فِي نَفْسِي، وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَإٍ، ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ هُمْ خَيْرٌ
مِنْهُمْ، وَإِنْ تَقَرَّبَ مِنِّي شِبْرًا، تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَإِنْ
تَقَرَّبَ إِلَيَّ ذِرَاعًا، تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا، وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي
أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً» [روه مسلم]
.........Dari Abu Hurairah
ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai
dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia
mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan
mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jema’ah
manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih
baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan
mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan
mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku
akan datang kepadanya dengan berlari. (HR. Muslim (2675/4832)
وعن أبي هريرة قال قَالَ رَسُوْل اللهِ صَلًَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ
سَلَّمََ: إن لله ملائكة يطوفون في الطرق يلتمسون أهل الذكر فإذا وجدوا قوما
يذكرون الله عز وجل تنادوا هلموا إلى حاجتكم قال فيحفونهم بأجنحتهم إلى السماء الدنيا
قال فيسألهم ربهم وهو أعلم منهم ما يقول عبادي قال يقولون يسبحونك ويكبرونك
ويحمدونك ويمجدونك قال فيقول عز وجل هل رأوني قال فيقولون لا والله ما رأوك قال
فيقول كيف لو رأوني قال يقولون لو رأوك كانوا أشد لك عبادة وأشد لك تمجيدا وأكثر
لك تسبيحا قال فيقول فما يسألوني قال يسألونك الجنة قال يقول وهل رأوها قال
فيقولون لا والله يا رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها قال يقولون كانوا أشد
عليها حرصا وأشد لها طلبا وأعظم فيها رغبة قال فمم يتعوذون قال يقولون من النار
قال يقول وهل رأوها قال فيقولون لا والله يا رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها
قال يقولون كانوا أشد منها فرارا وأشد لها مخافة قال فيقول فأشهدكم أني قد غفرت
لهم قال يقول ملك من الملائكة فيهم فلان ليس منهم إنما جاء لحاجة قال فيقول الله
تعالى هم الجلساء لا يشقى زبهم جليسهم. [رواه البخاري ومسلم والترمذي]
Dari Abu Hurairah r.a., ia
berkata, Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah mempunyai
malaikat yang berterbangan di seluruh pelusuk bumi untuk mencari dan menulis
amal baik manusia. Apabila mereka menjumpai sekumpulan manusia berzikir kepada Allah
lalu mereka menyeru sesama mereka: “Marilah ke sini, kita telah menemui apa
yang kita cari.” Lantas mereka datang berduyun-duyun sambil menghamparkan sayap
menaungi orang-orang yang sedang berdzikir itu.
Selepas itu lalu Allah
bertanya kepada para malaikat, “Apakah yang sedang dilakukan hamba-hamba-Ku itu
ketika kamu meninggalkan mereka?” Malaikat menjawab, “Mereka di dalam keadaan
memuji, mengagungkan dan bertasbih kepada-Mu wahai Allah.” Allah bertanya lagi,
“Adakah mereka itu pernah melihat-Ku?” Jawab malaikat, “Tidak pernah!” Allah
terus bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka melihatKu?” Jawab malaikat, “Jika
mereka melihat-Mu, nescaya akan bersangatanlah mereka mengagungkan, bertasbih
dan bertahmid kepada-Mu ya Allah.”
Allah bertanya lagi, “Mereka
memohon perlindungan-Ku daripada apa?” Malaikat menjawab, “Daripada neraka.”
Allah bertanya, “Adakah mereka pernah melihat neraka?” Jawab malaikat, “Tidak
pernah!” Allah bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka dapat melihat neraka?”
Malaikat menjawab, “Mereka akan lari sejauh-jauhnya dari neraka kerana
ketakutan.” Allah bertanya, “Apakah permintaan mereka?” Malaikat menjawab,
“Mereka meminta daripadaMu syurga.” Allah bertanya, “Adakah mereka pernah
melihat syurga?” Jawab malaikat, “Tidak pernah.” Allah bertanya, “Bagaimana
sekiranya mereka dapat melihat syurga?” Malaikat menjawab, “Mereka sangat
haloba untuk memperolehinya,” Lalu Allah berkata, “Sesungguhnya aku bersaksi,
bahawa aku telah mengampunkan mereka.”
- (3375)
- - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ قَالَ:
حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ عَمْرِو
بْنِ قَيْسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ، أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنَّ شَرَائِعَ الإِسْلَامِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيَّ، فَأَخْبِرْنِي
بِشَيْءٍ أَتَشَبَّثُ بِهِ، قَالَ: «لَا يَزَالُ لِسَانُكَ رَطْبًا مِنْ ذِكْرِ
اللَّهِ» : «هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الوَجْهِ» [روه الترمذى]
[حكم الألباني] : صحيح
......Dari Abdulloh bin
Yasar ra. Sesungguhnya seorang lelaki berkata: Ya Rosulalloh,
sesungguhnya syaria’at islam sungguh sangatlah banyak menurutku, maka
kabarkanlah kepadaku sesuatu yg simpel. Rosul bersabda, “Basahilah selalu
lisanmu dgn berdzikir kpd Alloh.” [HR. Tirmidzhi hadits hasan ghorib yg
dishohihkan Al-Bani]
) -3378 (- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ،
عَنْ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، أَنَّهُ شَهِدَ عَلَى أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي
سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «مَا مِنْ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا
حَفَّتْ بِهِمُ المَلَائِكَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ
السَّكِينَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ» . حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ
يَعْقُوبَ قَالَ: حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ
أَبِي إِسْحَاقَ، قَالَ: سَمِعْتُ الأَغَرَّ أَبَا مُسْلِمٍ، قَالَ: أَشْهَدُ
عَلَى أَبِي سَعِيدٍ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ مِثْلَهُ. هَذَا حَدِيثٌ
حَسَنٌ صَحِيحٌ [روه الترمذى] [حكم الألباني] : صحيح
.......Dari Abu Hurairah ra
dan Abu Sa’id Al-Khudzri ra. Sesungguhnya keduanya bersaksi atas sabda
Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya beliau bersabda,
“Tidaklah duduk sekelompok org yg berdzikir kpd Alloh kecuali mereka
dikelilingi oleh para malaikat, dianegerahi rohmat. Diberikan ketenteraman
serta senantiasa diingat [diperhatikan dan dibanggakan-pent] oleh Alloh
dihadapan para malaikat-Nya.”............. [HR. Muslim dan Tirmidzi hadits
hasan shohih dan dishohihkan Al-Bani]
Dzikir dgn suara jahr
[keras] menurut al-Qur’an, Hadits dan para ulama
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ
مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu
dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak
mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk
orang-orang yang lalai.” [QS. Al.A’raaf: 205]
قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ
الأسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ
بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا
“Katakanlah: "Serulah
Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia
mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu
mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan
carilah jalan tengah di antara kedua itu" [QS. Al-Israa’: 110]
Tafsir Jalalain menjelaskan
[QS. Al.A’raaf: 205] sbb:
(واذكر ربك في نفسك) أي سراً (تضرعاً) تذللاً (وخيفةً) خوفاً
منه (و) فوق السر (دون الجهر من القول) أي قصداً بينهما (بالغدو والآصال) أوائل
النهار وأواخره (ولا تكن من الغافلين) عن ذكر الله
(Dan sebutlah (nama) Tuhanmu
dalam hatimu) yakni sirr (dengan merendahkan diri) merendah (dan rasa takut)
takut dari siksa-Nya (dan) diatas sirr [suara lirih] (tidak mengeraskan suara)
yakni antara pelan dan keras [sedang] (di waktu pagi dan petang) pagi dan sore
hari (dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara
kedua itu) dari mengingat Alloh [berdzikir].
Tafsir Ibnu Katsir
menjelaskan [QS. Al-Israa’: 110] sbb:
وقوله "ولا تجهر بصلاتك" الآية. قال الإمام أحمد حدثنا هشيم
حدثنا أبو بشر عن سعيد بن جبير عن ابن عباس قال نزلت هذه الآية ورسول الله صلى
الله عليه وسلم متوار بمكة "ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها" قال كان إذا
صلى بأصحابه رفع صوته بالقرآن فلما سمع ذلك المشركون سبوا القرآن وسبوا من أنزله
ومن جاء به قال: فقال الله تعالى لنبيه صلى الله عليه وسلم "ولا تجهر
بصلاتك" أي بقراءتك فيسمع المشركون فيسبون القرآن "ولا تخافت بها"
عن أصحابك فلا تسمعهم القرآن حتى يأخذوه عنك "وابتغ بين ذلك سبيلا"
أخرجاه في الصحيحين
Dan firman Alloh, “dan
janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu” Imam Ahmad berkata, Hasyim
dan Abu Basyar berkata kepadaku dari Sa’id bin Jabir dari Ibnu Abbas ra.
berkata, “Turun ini ayat sewaktu Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam
berada di Makkah. “dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan
janganlah pula merendahkannya,” Ibnu Abbas berkata, “ Adalah ketika Rosululloh
Shollallohu ‘alaihi wa sallam sholat bersama sahabatnya mengeraskan suaranya
dalam membaca ayat al-Qur’an. Maka ketika hal itu didengar org2 musyrik mereka
mencaci al-Qur’an, mencaci org yg diturunkan al-Qur’an [Nabi], dan yg
menurunkannya [Alloh]. Ibnu Abbas berkata, “ Maka Alloh berfirman kpd Nabi-Nya
Shollallohu ‘alaihi wa sallam “dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam
shalatmu” yakni bacaan al-Quranmu didengar org2 musyrik dan mereka mencacinya.
“dan janganlah pula merendahkannya” dari sahabat2mu sehingga mereka tdk
mendengar bacaan al-Quran sehingga mereka bisa mengambil pelajaran darimu. “dan
carilah jalan tengah di antara kedua itu" [ suara sedang-pent] [HR. Bukhari
Muslim]
اختلف الفقهاء في رفع الصوت بالذكر بعد الصلاة ، فمنهم من ذهب إلى أنه سنة
، ومنهم من كره ذلك وقال : إن النبي صلى الله عليه وسلم لم يداوم عليه وإنما فعله
للتعليم ثم تركه .
عن أبي معبد مولى ابن عباس أن ابن عباس رضي الله عنهما أخبره أن رفع الصوت
بالذكر حين ينصرف الناس من المكتوبة كان على عهد النبي صلى الله عليه وسلم ، وقال
ابن عباس : كنت أعلم إذا انصرفوا بذلك إذا سمعته . رواه البخاري ( 805 ) ومسلم (
583 )
Ulama fikih berbeda pendapat
tentang mengeraskan suara berdzikir selapas sholat. Sebagian mereka ada yg
menganggap itu sunnah, dan sebagian memakruhkan hal itu dgn perkataan,
“Sesungguhnya Nabi Shollallohu ‘alaihi wa salllam tdk melakukannya terus
menerus, sesungguhnya Rosul melakukannya hanya unt mengajari dan kemudian
meninggalkannya.
Dari Ma’bad majikan Ibnu
Abbas sesungguhnya Ibnu Abbas ra.. mengabarkan keduanya tentang mengeraskan
suara dgn dzikir selepas org2 selesai sholat maktubah [sholat lima waktu] sudah ada semasa Nabi Shollallohu
‘alaihi wa sallam. Dan Ibnu Abbas ra berkata, “Aku lebih mengetahui ketika
mereka selesai sholat sehingga aku mendengarnya.” [HR. Bukhari (805) Muslim
(583)]
فممن ذهب إلى رفع الصوت بالذكر بعد الصلاة : الطبري وابن حزم وشيخ الإسلام
وغيرهم .وممن ذهب إلى أن ذلك كان للتعليم : الشافعي والجمهور .
قال الشافعي رحمه الله : " وأختار للإمام والمأموم أن يذكر الله بعد
الانصراف من الصلاة ، ويخفيان الذكر إلا أن يكون إماماً يجب أن يُتعلم منه فيجهر
حتى يرى أنه قد تُعلم منه ، ثم يسر ؛ فإن الله عز وجل يقول ( ولا تجهر بصلاتك ولا
تخافت بها ) يعنى – والله تعالى أعلم - : الدعاء ، ( ولا تجهر ) ترفع ، ( ولا
تخافت ) حتى لا تُسمع نفسك .
وذكرتْ أم سلمة مكثه ولم تذكر جهراً ، وأحسبه لم يمكث إلا ليذكر ذكراً غير
جهر " انتهى من "الأم" (1 /127) .
وقال ابن حزم رحمه الله : " ورفع الصوت بالتكبير إثر كل صلاة حسن
" انتهى من "المحلى" (3 /180) .
Diantara ulama yg sepakat
dgn mengeraskan suara dlm berdzikir selesai sholat adalah Ath-Thobari, Ibnu
Hazm, Syaikhul islam Ibnu Taimiyah dan yg lainnya. Dan ulama yg sepakat bhw
suara keras itu hanya unt mengajarkan adalah Imam Syafi’i dan jumhur ulama.
Imam Syafi’i berkata
rohimahulloh: Dan yg terpilih untuk imam dan makmum adalah agar berdzikir kpd
Alloh setelah selesai sholat, dan merendahkan suara dlm berdzikir kecuali imam
ingin agar diketahui [diikuti makmum] maka mengeraskannya sehingga diketahui apa
yg telah diajarkan, kemudian tdk memperdengarkannya. Karena sesungguhnya Alloh
‘Azza wa Jalla berfirman (dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu
dan janganlah pula merendahkannya) yakni Alloh Ta’ala lbh mengetahui do’a (dan
janganlah kamu mengeraskan) meninggikan suara (dan janganlah pula
merendahkannya) sehingga dirimu sendiri tdk mendengar.
Ummu Salamah menyebutkan bhw
Rosul berdiam dan tdk berdzikir dgn suara keras, dan menyangkanya Rosul tdk
diam [bersuara] kecuali unt memperingatkan bahwa dzikir itu tdk dgn suara
keras. [Al-Uum 1/127]
Ibnu Hazm rohimahulloh
berkata, “Mengeraskan suara kalimat takbir selesai sholat adalah perbuatan baik
[Al-Mahalli 3/180]
ونقل البهوتي في "كشاف القناع" (1/366) عن شيخ الإسلام ابن تيمية
استحباب الجهر : " ( قال الشيخ [أي ابن تيمية] : ويستحب الجهر بالتسبيح
والتحميد والتكبير عقب كل صلاة "
.
وسئل الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله عن حكم المسألة فأجاب :
" الجهر بالذكر بعد الصلوات المكتوبة سنة ، دل عليها ما رواه
الإمام أحمد وأبو داود . وفي الصحيحين من حديث المغيرة بن شعبة رضي الله عنه قال :
سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول إذا قضى الصلاة : ( لا إله إلا الله وحده لا
شريك له ..) الحديث . ولا يُسمع القول إلا إذا جهر به القائل .
وقد اختار الجهر بذلك شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله وجماعة من السلف
والخلف ، لحديثي ابن عباس ، والمغيرة رضي الله عنهم . والجهر عام في كل ذكر مشروع
بعد الصلاة سواء كان تهليلا ، أو تسبيحا ، أو تكبيرا ، أو تحميدا لعموم حديث ابن
عباس ، ولم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم التفريق بين التهليل وغيره بل جاء في
حديث ابن عباس أنهم يعرفون انقضاء صلاة النبي صلى الله عليه وسلم بالتكبير ، وبهذا
يُعرف الرد على من قال لا جهر في التسبيح والتحميد والتكبير .
Al-Bahuti mengatakan dlm
“Kasyaf Al-Qana’” (1/366) dari Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah menyukai dzikir
jahr...” Syeikh Ibnu Taimiyah berkata, “Dan disukai bersuara kera dlm
bertasbih, bertahmid dan bertakbir selesai sholat.”
Syeikh Muhammad bin Sholih
Al-Utsaimin ditanya tentang hukum suatu pertanyaan [tentang dzikir] maka
menjawabnya: “Dzikir dgn suara keras selepas sholat maktubah hukumnya sunnah,
petunjuk akan kesunnahannya adalah hadits yg diriwayatkan Imam Ahmad dan Abu
Daud dalam hadits shohihnya dari hadits Al-Mughiroh bin Syu’bah ra. berkata:
Aku mendengar dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika selesai
sholat (Laa ilaaha illalloh wahdahu laa syarika lah) Al-Hadits. Dan tdk bisa
didengar itu ucapan kecuali ketika dikeraskan suara org yg mengucapkannya.”
Dan sungguh telah memilih
dgn suara keras Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh dan jama’ah ulama’
salaf dan kholaf, karena hadits Ibnu Abbas ra. dari Al-Mughiroh bin Syu’bah ra.
Dan suara keras dlm berdzikir yg disyari’atkan itu bersifat umum sesudah sholat
[wajib atau sunnat] sama saja itu tahlil, tasbih, takbiratau tahmid unt
keumuman hadits dari Ibnu Abbas ra. yg tdk tertolak dari hadits Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa sallam dgn membedakan antara tahlil dan yg lainnya,
tetapi telah datang hadits dari Ibnu Abbas ra. sesungguhnya mereka [sahabat]
mengetahui selesainya sholat Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam dgn kalimat takbir,
dan dgn ini diketahui penolakan terhadap org yg mengatakan bhw tasbih, tahmid
dan takbir tdk dgn suara keras.
وقال رحمه الله : " فالمهم أن القول الراجح : أنه يسن الذكر أدبار
الصلوات على الوجه المشروع ، وأنه يسن الجهر به أيضا - أعني رفع الصوت - ولا يكون
رفعا مزعجا فإن هذا لا ينبغي ، ولهذا لما رفع الناس أصواتهم بالذكر في عهد الرسول
عليه الصلاة والسلام في قفولهم من خيبر قال : ( أيها الناس ، أربعوا على أنفسكم )
، فالمقصود بالرفع ، الرفع الذي لا يكون فيه مشقة وإزعاج " انتهى من
"مجموع فتاوى الشيخ ابن عثيمين" (13/247، 261)
Maka Syeikh Muhammad bin
Sholih Al-Utsaimin rohimahulloh berkata: “Maka sesungguhnya qaul [hujjah] yg
rojih [kuat dan terpilih] adalah disunnahkan berdzikir selepas sholat lima
waktu sesuai yg disyari’atkan, dan jg disunnahkan mengeraskannya, -aku
maksudkan mengangkat suara [sedang]- dan tdk dgn suara yg terlalu keras itu tdk
baik, karena hal ini ketika org2 mengeraskan suara dlm berdzikir dimasa
Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam waktu perjumpaan mereka di bukit
khoibar Nabi bersabda, “Wahai manusia, pelankanlah [tahanlah] diri kalian.”
Maka yg dimaksud [tidak] dgn suara keras, mengeraskan suara yg tdk diperlukan
krn tdk ada halangan. [Majmu’ Fatawa Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin 13/247-261].
Wallohu a’lam bish-Showab
Sumber : Asimun Mas'ud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar